Sabtu, 13 September 2008

Tari Seribu Tangan

Tari Seribu Tangan

Tarian ini disebut dengan tarian Seribu Tangan
Layaknya tarian, tari Seribu Tangan ini juga diiringi dengan musik. Karena dulunya memang ditujukan untuk menghibur kaisar, musiknya juga bernuansakan kekaisaran.

Kini, tarian seribu tangan tak lagi hanya menjadi tontonan kaisar. Setiap kali peringatan hari besar, terutama Buddha, tarian ini biasanya disajikan sebagai hiburan. Malah, resepsi pernikahan di kota ini juga sudah menyajikannya sebagai hiburan. Menyajikan tari-tarian, mulai dari tarian tradisional sampai modern, memang menjadi kebiasaan dalam sebuah resepsi pernikahan etnis Tionghoa.

Misalnya dalam sebuah resepsi belum lama ini di salah satu hotel berbintang di Medan, tarian Seribu Tangan dipertunjukkan sebagai salah satu bagian dari berbagai rangkaian hiburan untuk para undangan.
"Goddest of Mercy". Tarian tradisional etnis Tionghoa ini menggambarkan keindahan dalam kehidupan. Konon, pada zaman dinasti kekaisaran, di RRC tarian ini dimainkan di istana raja. (ketanmanis)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

dimana saya bisa menemukan alamat sanggar tari ini..dan kalo ada contoh videonya atau websitenya. Mohon kirim ke email saya. terima kasih. btw saya pernah nonton di Gong shownya ari untung.

Anonim mengatakan...

tolong bantuannya untuk info sanggar tari seribu tangan ini. terima kasih.

Harmony mengatakan...

Jika ingin pertunjukan yang berhubungan dengan kebudayaan Tionghoa dapat menghubungi kami , terutama jika berhubungan dengan musik. Terima kasih.